ETIKA PUBLIKASI

Tanggung Jawab Editor

Editor bertanggung jawab secara penuh untuk memutuskan artikel yang memenuhi syarat untuk dipublikasikan. Editor dipandu oleh kebijakan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme.  Dalam proses menerima artikel, tim editor bekerja  didasarkan pada prinsip kesetaraan perlakuan.

Dalam proses peninjauan jurnal dan pengambilan keputusan publikasi (artikel), tim penyunting tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik dari penulis. Editor dan tim editorial tidak akan mengungkapkan informasi apa pun tentang makalah atau artikel yang dikirimkan kecuali dengan izin penulis.  Makalah (artikel) yang tidak diterbitkan tidak akan digunakan untuk penelitian editor dan akan dikembalikan langsung ke penulis.

 

Tanggung jawab penulis

Penulis harus menyajikan artikel pemikiran atau penelitiannya, jujur, dan tanpa plagiarisme, dan manipulasi data.  Penulis bertanggung jawab atas konfirmasi yang dikirimkan dari artikel yang telah ditulis.  Penulis harus mematuhi persyaratan publikasi dalam bentuk orisinalitas karya, bukan plagiarisme, dan makalah / artikel belum dipublikasikan di jurnal atau publikasi lain.   Penulis menunjukkan referensi dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip  Penulis menulis makalah atau artikel secara etis, jujur ​​dan bertanggung jawab, dengan aturan kepenulisan ilmiah yang berlaku.  Penulis dilarang mengirim / menerbitkan artikel yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi. Penulis tidak keberatan jika karya tulisnya diedit tanpa mengubah substansi atau ide dasar penulisan.

 

Tanggung Jawab Penerbit

Jurnal SMART ANKes  bertanggung jawab atas penerbitan artikel setelah melalui proses evakuasi, pengeditan, tata letak sesuai dengan aturan penerbitan jurnal ilmiah. Jurnal SMART ANKes bertanggung jawab untuk memastikan kebebasan akademik bagi para editor dan pengulas dalam menjalankan tugas mereka, dan  menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.